bayimenyusuNama Bayisetelah

Penyebab Bayi Gumoh Setelah Menyusu

Yaitu kondisi udara yang masuk ketika menyusui lebih banyak dari biasanya. Mereka yang gumoh ini tetap merasakan nyaman nggak mengalami.


Gumoh Mengatasi Bayi Gumoh Dan Kapan Harus Periksa Ke Dokter

7 Penyebab Bayi Gumoh Setelah Minum ASI Sering dan Terus-Terusan.

Penyebab bayi gumoh setelah menyusu. Alergi infeksi telinga pilek infeksi pada saluran kemih dan stenosis pilorus juga bisa menjadi penyebab bayi gumoh setelah menyusu. Mengutip Mayo Clinic stenosis pilorus ini menghalangi makanan memasuki usus kecil sehingga bayi muntah ASI setelah disusui. Biasanya jika ini terjadi bayi juga mengalami diare.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi penyebab bayi gumoh adalah dengan membuat bayi Anda bersendawa setelah menyusu atau makan. Setelah menyusu biarkan si kecil duduk tegak hingga dirasa cairan susu tersebut turun ke saluran pencernaannya. Beberapa kondisi seperti tengkurap dapat memberikan stimulasi berlebihan dan menyebabkan bayi gumoh.

Penyebab Bayi Muntah Setelah Minum ASI Pada dasarnya gumoh terjadi akibat adanya ASI yang ditelan bayi namun kembali lagi ke kerongkongan alias refluks. Pada ibu menyusui terkadang payudara menghasilkan ASI. Gumoh spitting up atau gastroesophageal reflux merupakan keluarnya sebagian susu saat atau setelah bayi menyusuUkuran lambung yang sangat kecil serta katup lambung yang belum kuat merupakan penyebab terjadinya gumoh.

Tinggikan posisi kepala dan dada bayi saat tidur. Kapasitas lambung bayi masih kecil makanya bila bayi menyusu melebihi daya tampung lambungnya maka kelebihan ini akan dikeluarkan dengan cara gumoh. Selain itu hindari merangsang aktivitas bayi yang berlebihan yang menyebabkan bayi berpotensi untuk gumoh.

Frekuensi gumoh pada bayi pun berbeda-beda bisa cukup sering jarang atau bahkan setiap kali diberikan susu atau makanan. Gumoh adalah kondisi normal yang disebabkan kerongkongan bayi belum berkembang sepenuhnya. Jangan mengajak bayi banyak bergerak sesaat setelah menyusu.

Ada beberapa kemungkinan tiga yang mungkin menjadi penyebab bayi gumoh antara lain. Sendawa dapat membantu bayi untuk mengeluarkan udara yang mungkin menumpuk di dalam lambungnya. Jika Bunda memberikan bayi susu melalui botol maka pastikan lubang di puting susu tidak terlalu besar atau terlalu kecil.

Kondisi ini dikenal dengan istilah gumoh dan dapat dikatakan normal apabila tidak menyebabkan mereka rewel atau sesak napas. Selain itu penyebab bayi muntah setelah menyusu bisa jadi karena ibu yang memberikan ASI atau susu formula secara berlebihan adanya infeksi virus atau bakteri seperti flu perut bayi menangis berlebihan penyakit seperti refluks penyumbatan usus seperti intususepsi malrotasi dan hirschpsrug dan kondisi stenosis pilorus yakni otot dari lambung ke usus menebal. Jika gumoh di sebabkan oleh kelainan atau cacat bawaan segera bawa ke petugas medis agar mendapat penanganan yang tepat sedini mungkin.

Ada penyebab lainnya mengapa bayi muntah setelah minum susu atau ASI yaitu gastroenteritis. A ada beberapa penyebab gumoh pada bayi yaitu. Penyebab bayi gumoh sebenernya karena hal-hal yang wajar kok.

Ini merupakan penyebab paling umum. Hal yang perlu diwaspadai. Penyebab bayi gumoh setelah mengkonsumsi asi lainnya disebabkan oleh keadaan yang disebut sebagai refluks.

Jangan langsung mengajak bayi bermain setelah dia menyusu. Namun cermati lagi hal lainnya dan cari tahu apa bedanya dengan muntah. Penyebab bayi muntah setelah minum ASI Baik itu minum ASI maupun susu formula bayi tetap saja bisa muntah atau gumoh apabila kenyang.

Pastikan juga pakaian dan popok bayi tidak terlalu ketat. Posisikan bayi tegak beberapa lama 15-30 menit setelah menyusu. Apabila bayi muntah ASI setelah menyusu dan susu keluar dengan cara menyemprot stenosis pilorus mungkin menjadi penyebabnya.

Volume lambung bayi masih kecil sementara susu yang ia minum melebihi kapasitas lambungnya. Bayi yang menangis saat menyusu akan menyebabkan banyaknya udara yang ikut tertelan bersama susu. Penyebab bayi gumoh lebih sering karena pencernaannya yang kurang sempurna.

Katup lambung bayi belum dapat menutup dengan sempurna sehingga susu yang sudah berada dalam lambung dapat mengalir kembali ke mulut jika volume susu. Ada beberapa kemungkinan tiga yang mungkin menjadi penyebab bayi gumoh antara lain. Bayi gumoh sehabis menyusu karena keluarnya cairan susu yang baru saja ditelan.

Klep yang menutupi lambung pada bayi belum bekerja sempurna sehingga bila bayi menyusus terlalu tergesa-gesa atau ditidurkan setelah menyusui maka sebagian susu akan keluar lewat gumoh. Kondisi refluks tersebut terjadi lantaran katup pada esofagus yang belum matang dan belum dapat berfungsi secara normal. Apabila bayi muntah ASI setelah menyusu dan susu keluar dengan cara menyemprot stenosis pilorus mungkin menjadi penyebabnya Moms.

Meski tidak berbahaya tetapi ada beberapa hal yang tetap perlu Bunda perhatikan ketika bayi sering gumoh. Kondisi ini kerap terjadi selama beberapa bulan pertama bayi. Namun kondisi ini termasuk jarang terjadi dan biasanya ditemukan pada bayi yang baru berusia 4-6 minggu.

Kondisi tersebut tergolong normal. Ini adalah langkah yang lebih aman untuk menghindari kemungkinan gumoh pada bayi. Yaitu kondisi udara yang masuk ketika menyusui lebih banyak dari biasanya.

Penyebab bayi muntah berikutnya ialah karena bayi mengalami oesophagus yang menghubungkan kerongkongan dengan saluran pencernaan pada bayi yang belum matang dengan sempurna. Namun di usia bayi yang masih beberapa minggu hingga 5 bulan cincin otot tersebut belum bisa berfungsi sepenuhnya sehingga memungkinkan susu tersebut kembali ke kerongkongan dan inilah penyebab bayi merasa gumoh. Refluks tersebut terjadi karena adanya gangguna otot antara esofagus dan lambung pada bayi.

Jadi sebaiknya segera periksakan bayi ke dokter ketika gumoh. Hal-hal lain yang menjadi penyebab gumoh pada bayi antara lain. Selain itu penyebab lainnya adalah ukuran lambung yang masih sangat kecil.

Muntah pada bayi kerap dialami ketika mereka menyusu Bunda. Setelah menyusui usahakan bayi disendawakan. Refluks disebabkan karena ukuran lambung bayi masih sangat kecil dan karena katup pada kerongkongan belum sempurna sehingga belum bekerja secara optimal untuk menahan isi lambung.


5 Penyebab Bayi Muntah Setelah Minum Asi Dan Cara Mengatasinya Blog Birds Bees


Penyebab Bayi Muntah Setelah Minum Asi Dan Cara Mengatasinya Alodokter


5 Penyebab Bayi Muntah Yang Perlu Anda Tahu


Kenali Penyebab Bayi Gumoh Dan Cara Mencegahnya Berkeluarga


6 Penyebab Bayi Muntah Setelah Minum Susu Formula Blog Birds Bees


Kenapa Bayi Sering Gumoh Inilah Penyebab Dan Solusinya Honestdocs


Bayi Sering Gumoh Bagaimana Cara Mengatasinya Orami

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
Close